Penggunaan Dan Penulisan Atribut Type Radio Dalam Form Html

Sebelumnya Saya sudah membahas penggunaan dan penulisan tag input dengan atribut type="radio" pada artikel Cara Membuat Form di HTML, pada artikel kali ini kita akan membahas penggunaan dan penulisan beberapa atribut yang sering dipakai secara bersamaan dengan atribut type="radio" ini.
Beberapa atribut lebih berfungsi untuk mempercatik tampilan form, sebaiknya kalau Anda telah menguasai CSS, silahkan pakai CSS untuk keperluan tersebut

Penggunaan dan Penulisan Atribut Type Radio Pada Tag Input

Tag input dengan atribut type="radio" dipakai untuk menciptakan tombol radio atau tombol pilihan yang diisi dengan cara menentukan salah satu tombol radio yang ada. Biasanya atribut ini dipakai untuk menciptakan daftar pilihan yang membatasi pengguna atau pengunjung untuk menentukan satu pilihan saja diantara pilihan yang tersedia.

Berikut ini pola penulisan atribut type="radio" pada tag input :

<input type="radio"/>Isi atau keterangan radio

Berikut ini pola penulisan atribut type="radio" pada tag input dalam form HTML :

<!DOCTYPE html> <html> <head>     <title>Belajar HTML</title> </head> <body> <h2>Belajar Membuat Form HTML</h2> <form action="formulir.php" method="post">     <fieldset>         <legend>Pilih salah satu transportasi yang Anda gunakan untuk pulang kampung</legend>         <input type="radio"/>Bis<br/>         <input type="radio"/>Kereta api<br/>         <input type="radio"/>Kapal laut<br/>         <input type="radio"/>Pesawat     </fieldset> </form> </body> </html>

Sebelumnya Saya sudah membahas penggunaan dan penulisan tag  Penggunaan dan Penulisan Atribut Type Radio Dalam Form HTML

Atribut type="radio" tidak harus berada didalam tag form. Namun kalau memakai atribut type="radio" diluar tag form, maka biasanya dikombinasikan dengan JavaScript untuk memprosesnya.

Ada beberapa atribut yang sering dipakai secara bersamaan dengan atribut type="radio", menyerupai atribut name, value, checked dan disabled. Berikut ini Saya akan membahas penggunaan dan penulisan atribut yang Saya sebutkan tadi secara bersamaan, dengan atribut type="checkbox" pada tag input :

Penggunaan dan Penulisan Atribut Name Pada Tag Input

Walaupun Anda sanggup memakai radio tanpa atribut name, namun dengan atribut name inilah radio berfungsi dengan semestinya. Karena atribut name ini dipakai sebagai identitas pada setiap tag input type radio bahwa radio tersebut berada dalam satu grup yang sama.

Berikut ini pola penulisan atribut name pada tag input :

<input type="radio" name="transportasi"/>Bis<br/> <input type="radio" name="transportasi"/>Kereta api

Seperti yang terlihat pada pola isyarat diatas, untuk menciptakan beberapa objek radio menjadi satu grup, maka nilai dari atribut name ini harus sama dengan beberapa ojek radio yang ingin dimasukkan kedalam satu grup. Selain itu nilai atribut name ini juga dipakai pada dikala pemrosesan form oleh web server.

Penggunaan dan Penulisan Atribut Value Pada Tag Input

Atribut value pada tag <input type="radio"/> ini dipakai pada dikala pemrosesan form oleh web server nantinya. Misalnya kita menciptakan agenda PHP untuk memproses form, maka nilai dari atribut value inilah yang akan diproses.

Berikut ini pola penulisan atribut value pada tag input :

<input type="radio" name="transportasi" value="bis"/>Bis<br/> <input type="radio" name="transportasi" value="kereta api"/>Kereta api

Anda bebas mengisi nilai atribut value ini, namun biar lebih gampang pada dikala menciptakan program, maka sebaiknya Anda mengisi nilainya yang singkat dan berafiliasi dengan isi dari radio itu sendiri.

Penggunaan dan Penulisan Atribut Checked Pada Tag Input

Atribut checked dipakai untuk menandai pilihan radio. Nilai dari atribut checked ini adalah nama dari atributnya itu sendiri, sehingga ditulis dengan checked="checked".

Berikut ini penulisan atribut checked pada tag input :

<input type="radio" name="tarnsportasi" name="kapal laut" checked="checked"/>Kapal laut

Jika Anda menjalankan isyarat diatas dibrowser, maka pada dikala halaman ditampilkan, kotak isian radio akan pribadi terpilih. Atribut ini sanggup dipakai sebagai isian default grup radio.

Penggunaan dan Penulisan Atribut Disabled Pada Tag Input

Atribut disabled dipakai untuk menciptakan radio tidak sanggup digunakan. Penggunaan atribut ini biasanya dikombinasikan dengan JavaScript biar berfungsi secara maksimal, contohnya sebuah radio hanya sanggup diisi sehabis pengunjung mengisi objek form yang lain. Atribut disabled hanya mempunyai satu nilai, adalah nama atributnya sendiri, sehingga ditulis dengan disabled="disabled".

Berikut ini pola penulisan atribut disabled pada tag input :

<input type="radio" name="tarnsportasi" name="pesawat" disabled="disabled"/>Pesawat

Penulisan Atribut Type Radio Pada Tag Input Dalam Form HTML

Sebagai rangkuman untuk penulisan tag input type radio beserta atributnya, Saya sudah berbagi pola kode form HTML-nya :

<!DOCTYPE html> <html> <head>     <title>Belajar HTML</title> </head> <body> <h2>Belajar Membuat Form HTML</h2> <form action="formulir.php" method="post">     <fieldset>         <legend>Pilih salah satu transportasi yang Anda gunakan untuk pulang kampung</legend>         <input type="radio" name="transportasi" value="bis"/>Bis<br/>         <input type="radio" name="tarnsportasi" value="kereta api"/>Kereta api<br/>         <input type="radio" name="tarnsportasi" value="kapal laut" checked="checked"/>Kapal laut<br/>         <input type="radio" disabled="disabled"/>Pesawat     </fieldset> </form> </body> </html>

Sebelumnya Saya sudah membahas penggunaan dan penulisan tag  Penggunaan dan Penulisan Atribut Type Radio Dalam Form HTML

Jika Anda perhatikan terdapat tag fieldset dan tag legend pada pola isyarat form diatas, yang sebelumnya sudah kita bahas kedua tag ini pada artikel Penggunaan dan Penulisan Tag Fieldset dan Tag Legend Dalam Form HTML, kedua tag ini Saya gunakan untuk mempercantik tampilan form.

Pada artikel selanjutnya kita akan membahas Penggunaan dan Penulisan Tag Input Type File Dalam Form HTML.

0 Response to "Penggunaan Dan Penulisan Atribut Type Radio Dalam Form Html"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel