Belajar Html Bab 10 : Cara Menciptakan Link Di Html

Hyperlink atau biasa disebut dengan link yakni penghubung antara satu halaman dengan halaman yang lainnya. Link sanggup berupa sebuah teks, yang kalau di klik akan menuju halaman lain.

Membuat Link di HTML

Link sanggup di buat dengan memakai tag <a> yang merupakan abreviasi dari anchor (pengait), teladan kode-nya menyerupai di bawah ini :

Silahkan klik <a>disini</a>

Namun kalau sahabat buka di browser, maka sahabat tidak akan melihat perubahan apapun pada teks "disini" alasannya sahabat belum mengaitkannya ke halaman lain. Untuk itu sahabat akan menambahkan atribut href abreviasi dari hypertext refrence yang nilai-nya berupa alamat website yang akan dituju.

Agar lebih gampang di pahami, silahkan buka text editor sahabat kemudian ketikan isyarat di bawah ini :

<html>  <head>  <title>Belajar Membuat Link di HTML</title>  </head>  <body>  <a href="http://www.mas-abdi.blogspot.com"></a>  </body> </html>

Jika sudah di ketik silahkan buka di browser, maka tampilannya akan menyerupai gambar di bawah ini :


Pada umumnya link ditandai dengan teks berwarna biru dan terdapat garis bawah, misalnya menyerupai teks "disini" pada gambar diatas. Silahkan klik teks "disini" maka sahabat akan diarahkan ke halaman lain yaitu halaman homepage blog Saya, itu tandanya sahabat telah berhasil menciptakan link.

Pengunaan Atribut target di Link

Atribut target dipakai untuk memilih bagaimana sebuah link akan dituju.

Secara default link yang di klik akan terbuka di tab yang sama atau menimpa halaman website yang sedang dibuka. Jika sahabat ingin halaman tersebut terbuka di tab baru, maka sahabat sanggup menambahakan atribut target="_blank"

Contoh penggunaan atribut target di tag <a> ;

Jka sahabat klik teks "disini" maka halaman mas-abdi.blogspot.com akan terbuka di tab baru.

Perbedaan Eksternal Link dan Internal Link

Internal Link

Internal link yakni sebuah link yang akan mengarah pada halaman website sahabat yang lain. Contohnya menyerupai ini, Saya menaruh link di artikel ini dengan alamat "http://www.mas-abdi.blogspot.com" maka link ini termasuk ke dalam internal link.

Eksternal Link

Eksternal link yakni sebuah link yang mengarah pada website lain. Contohnya menyerupai ini, Saya menaruh link di artikel ini dengan alamat "http://www.google.com" maka link ini termasuk ke dalam eksternal link.

Untuk pembahasan selanjutnya sahabat akan mempelajari Cara Menambahkan Gambar di HTML.

0 Response to "Belajar Html Bab 10 : Cara Menciptakan Link Di Html"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel