Belajar Html Bab 12 : Cara Menciptakan Tabel Di Html

Tabel ialah sebuah data tabular dalam bentuk grid yang terdiri atas kolom, baris dan sel. Penggunaan tentunya mengakibatkan isu lebih ringkas dan padat serta menciptakan orang gampang membacanya dan mengerti isu yang di dalamnya.

Membuat Tabel di HTML

Tag - tag yang umum dipakai untuk menciptakan tabel di HTML antara lain :

Tag Fungsi
<table> Mendefinisikan sebuah table
<tr> Merupakan akronim dari table row, yang dipakai untuk menciptakan baris tabel
<th> Merupakan akronim dari table header , yang dipakai untuk mendefinisikan sebuah judul
<td> Merupakan akronim dari table data, yang dipakai untuk menginput data ke tabel

Berikut ini pola penggunaan tag <table>, <tr> dan <td> untuk menciptakan tabel di HTML :

<table>  <tbody>   <tr>    <th>Tag</th>    <th>Fungsi</th>   </tr>   <tr>    <td><code>&lt;table&gt;</code></td>    <td>Mendefinisikan sebuah table</td>   </tr>   <tr>    <td><code>&lt;tr&gt;</code></td>    <td>Merupakan akronim dari <i>table row</i>, yang dipakai untuk menciptakan baris tabel</td>   </tr>   <tr>    <td><code>&lt;th&gt;</code></td>    <td>Merupakan akronim dari <i>table header</i> , yang dipakai untuk mendefinisikan sebuah judul</td>   <tr>    <td><code>&lt;td&gt;</code></td>    <td>Merupakan akronim dari <i>table data</i>, yang dipakai untuk menginput data ke tabel</td>   </tr>  </tbody> </table>

Jika dibuka dibrowser, tampilannya akan menyerupai gambar dibawah ini :


Mungkin sahabat akan resah kenapa tebel tersebut tidak mempunyai garis tepi menyerupai halnya yang terdapat di ms.excel. Hal itu alasannya ialah kita belum memperlihatkan atribut border di tag <table>.

Contoh penggunaan atribut border di tag <table> :

<table border="1">  <tbody>   <tr>    <th>Tag</th>    <th>Fungsi</th>   </tr>   <tr>    <td><code>&lt;table&gt;</code></td>    <td>Mendefinisikan sebuah table</td>   </tr>   <tr>    <td><code>&lt;tr&gt;</code></td>    <td>Merupakan akronim dari <i>table row</i>, yang dipakai untuk menciptakan baris tabel</td>   </tr>   <tr>    <td><code>&lt;th&gt;</code></td>    <td>Merupakan akronim dari <i>table header</i> , yang dipakai untuk mendefinisikan sebuah judul</td>   <tr>    <td><code>&lt;td&gt;</code></td>    <td>Merupakan akronim dari <i>table data</i>, yang dipakai untuk menginput data ke tabel</td>   </tr>  </tbody> </table>



Pada pola instruksi diatas Saya memperlihatkan nilai "1" di atribut border, sehingga kalau dibuka di browser tabel mempunyai garis tepi sebesar 1 pixel menyerupai gambar diatas.

Penggunaan tabel di HTML dihentikan dipakai untuk mendesain tampilan website. Dahulu mungkin sering dipakai tapi sesudah CSS diimplementasikan ke semua browser, maka penggunaan tabel untuk mendesain tampilan website tidak dianjurkan.

Untuk pembahasan selanjutnya sahabat akan mempelajari Cara Menambahkan Komentar di HTML.

0 Response to "Belajar Html Bab 12 : Cara Menciptakan Tabel Di Html"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel