Belajar Html Bab 13 : Cara Menciptakan Komentar Di Html

Dalam penulisan instruksi HTML, umumnya kita sering lupa cara kerja instruksi yang kita buat sendiri sehabis beberapa bulan kemudian. Untuk mengatasinya, kita dapat menambahkan komentar yang berada disekitar instruksi tersebut. Selain itu dikala ada kesalahan Anda akan lebih gampang memperbaikinya. Selain mempunyai kegunaan untuk Anda, untuk orang lain yang ingin memahami instruksi HTML buatan Anda juga sangat berguna.

Cara Membuat Komentar di HTML

Untuk menciptakan komentar di HTML, sahabat dapat memakai tag <!- dan diakhiri dengan tag ->. Agar lebih gampang memahaminya silahkan buka text editor sahabat kemudian tuliskan instruksi di bawah ini :

<!DOCTYPE html> <html> <head>  <title>Belajar Membuat Komentar di HTML</title> </head> <body> <table border="1"> <!-- Garis tepi tabel sebesar 1 pixel -->  <tbody>  <tr>  <th>Tag</th>  <th>Fungsi</th>  </tr>  <tr>  <td><code>&lt;table&gt;</code></td>  <td>Mendefinisikan sebuah table</td>  </tr>  <tr>  <td><code>&lt;tr&gt;</code></td>  <td>Merupakan abreviasi dari <i>table row</i>, yang dipakai untuk menciptakan baris tabel</td>  </tr>  <tr>  <td><code>&lt;th&gt;</code></td>  <td>Merupakan abreviasi dari <i>table header</i> , yang dipakai untuk mendefinisikan sebuah judul</td>  <tr>  <td><code>&lt;td&gt;</code></td>  <td>Merupakan abreviasi dari <i>table data</i>, yang dipakai untuk menginput data ke tabel</td>  </tr>  </tbody> </table> </body> </html>

Jika sudah diketik silahkan buka di browser, maka tampilannya akan menyerupai gambar di bawah ini :


Terlihat pada gambar di atas, komentar yang berada diantara <!--...--> tidak ikut di tampilkan oleh browser.

Selain dapat menambahkan komentar, tag ini juga akan mempunyai kegunaan biar instruksi HTML tidak tampil di browser untuk sementara. Hal ini tentu sangat mempunyai kegunaan kalau sahabat ingin mencoba banyak instruksi HTML yang telah dibuat, tetapi tidak ingin menghapus instruksi HTML sebelumnya. Contoh menyerupai dibawah ini :

<!DOCTYPE html> <html> <head>  <title>Belajar Membuat Daftar di HTML</title> </head> <body>  <h2>Jenis-jenis kendaraan transportasi :</h2>  <!--  <ul>  <li>Angkot</li>  <li>Kapal laut</li>  <li>Pesawat</li>  </ul>  --> </body> </html>

Silahkan sahabat buka di browser, maka tampilannya akan menyerupai gambar di bawah ini :


Perlu di ingat walaupun komentar tidak dapat tampil di browser tetapi orang lain mungkin dapat melihat komentar yang telah di buat sahabat dengan cara melihat melalui Lihat sumber laman. Oleh alasannya ialah itu sahabat jangan memasukkan gosip yang sensitif menyerupai username ataupun password.

Pada artikel selanjutnya sahabat akan mempelajari Cara Membuat Form di HTML.

0 Response to "Belajar Html Bab 13 : Cara Menciptakan Komentar Di Html"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel