Belajar Html Bab 2 : Pengertian Browser Dan Memahami Fungsinya

Setelah teman mempelajari pengertian HTML di artikel Saya sebelumnya. Kali ini Saya akan membahas wacana browser.

Pengertian Browser

Browser yaitu perangkat lunak yang berfungsi untuk mendapatkan dan menyajikan sumber gosip di internet. Salah satu gosip yang di terima yaitu format HTML.

Kode HTML yang teman buat akan diterjemahkan oleh browser kemudian akan ditampilkan halaman web yang sesuai dengan dirancang. Pada umumnya setiap browser sanggup menerjemahkan isyarat HTML namun setiap browser mempunyai perbedaan dalam menerjemahkan isyarat HTML.

Seperti pola tag berikut ini :

<input type="date" name="date">

Jika dibuka di Firefox akan tampil teks input biasa, tapi kalau di Chrome akan tampil pilihan kalender.

Perbedaan hukum penerjemahan isyarat HTML di setiap browser menjadi tantangan bagi web programmer.

Untuk mengatasi perbedaan hukum penerjemahan isyarat HTML disetiap browser, maka didirikanlah sebuah tubuh satandarisasi dunia yaitu W3C (Word Wide Web) yang dikhususkan untuk mengatur, merancang dan menangani web. Tujuannya yaitu untuk menetapkan standar yang sama disetiap browser. Namun pada penerapannya standar ini hanya rekomendasi, tidak semua browser mengikuti standar tersebut dan ada beberapa diantarannya menciptakan standar sendiri.

Salah satunya Internet Explorer, pada sekitar tahun 2002 hingga 2003 hampir 95% browser yang paling banyak dipakai oleh pengguna yaitu Internet Explorer. sedangkan browser Opera yang menerapkan standar W3C tidak terlalu begitu populer.

Sekarang Internet Explorer tidak sekuat dulu, alasannya munculnya pesaing gres ibarat Chrome yang menunjukkan fitur yang lebih cantik daripada Internet Explorer. Sekarang Internet Explorer juga menerapkan standar W3C termasuk di browser terbaru mereka yaitu Microsoft Edge.

Penggunaan Browser Terbanyak

Bedasarkan market share di situs w3school.com yang diakses per Agustus 2017, Google Chrome menduduki posisi pertama dengan persentase 76.9%, yang dilanjutkan dengan Firefox diposisi kedua persentase 13,1%.


Kalau berdasarkan Saya kenapa Chrome paling banyak dipakai yaitu sanggup menyimpan secara otomatis riwayat browser ke akun Google sobat, mempunyai berbagai plugin yang teman sanggup gunakan dan tampilan aplikasi Chrome sangat elegan.

Unduh Browser

Untuk mempelajari HTML, teman harus memasang browser bila tidak dipasang sama saja teman sia-sia menciptakan HTML tanpa memlihat tampilan halaman teman dibrowser.

Sobat bebas memasang browser apa saja tapi usahakan pilih browser yang terkenal dikala ini, berikut ini beberapa browser yang terkenal dikala ini dan silahkan klik untuk mengunduhnya.











Terdapa browser yang secara khusus untuk dipakai web developer yaitu Firefox Developer, bila berminat silahkan klik untuk mengunduhnya.



Selain browser ada aplikasi lagi yang harus teman butuhkan untuk mempelajari HTML, yaitu Aplikasi Text Editor.

0 Response to "Belajar Html Bab 2 : Pengertian Browser Dan Memahami Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel