Belajar Html Bab 4 : Cara Menjalankan File Html Dari Komputer Lokal

Setelah teman selesai memasang browser dan juga selesai menentukan aplikasi Text Editor yang akan teman gunakan, maka kini saatnya untuk menulis teks di aplikasi Text Editor kemudian menjalankannya di browser. Berikut ini langkah-langkahnya.

Untuk memudahkan teman untuk mengakses file, maka buatlah folder gres di Local Disk (D:) dengan nama Belajar HTML. Folder ini akan dipakai untuk menyimpan file HTML yang telah teman buat.

Selanjutnya buka aplikasi Text Editor teman disini Saya memakai aplikasi Notepad++, kemudian ketikan goresan pena dibawah ini.

Hallo dunia, kini Saya lagi berguru HTML!

Jika sudah diketik, silahkan klik File, pilih Save As...


Maka akan muncul jendela baru, pastikan di Save as type harus terpilih All Files (*.*). Jika sudah silahkan kasih nama Hallo.html di File Name, kemudian klik Save. Jangan lupa untuk menyimpannya di folder Belajar HTML yang teman buat tadi.



Jika sudah di Save silahkan klik Run, kemudian pilih browser yang akan teman gunakan, disini Saya memakai Firefox maka pilih Launch in Firefox.


Maka file HTML akan terbuka di Firefox dan menampilkan sebuah teks yang teman buat tadi, walaupun bergotong-royong belum ada satupun instruksi HTML yang diketik sobat.


Sobat lihat di Addres bar browser sobat, niscaya akan diawali dengan file:/// kemudian diikuti dengan alamat lokasi file HTML tersebut, contohnya D:/Belajar HTML/hallo.html, yang artinya file yang diakses melalui komputer lokal yang artinya teman tidak harus terhubung internet.

Sobat sanggup melihat bahwa setiap file HTML harus diakhiri dengan ekstensi .html atau juga sanggup memakai ekstensi .htm ekstensi ini dipakai untuk Windows versi lama, intinya kedua ekstensi ini sama saja tidak ada perbedaan dalam menampilkan halaman web.

Setelah mempelajari Cara Menjalankan File HTML Dari Komputer Lokal maka untuk tutorial selanjutnya teman akan mempelajari Membuat Struktur Dasar HTML.

0 Response to "Belajar Html Bab 4 : Cara Menjalankan File Html Dari Komputer Lokal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel