Cara Membersihkan File Sampah Di Windows Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Mungkin sahabat pernah mengalami komputer berjalan lambat atau lemot, mungkin salah satu penyebabnya yakni banyaknya file sampah yang menumpuk di hardisk komputer sobat. Jika dibiarkan terus menerus akan menciptakan hardisk cepat penuh dan komputer akan semakin lemot.

File sampah ini akan tersimpan secara otomatis saat sahabat memasang aplikasi, menghapus aplikasi, mencari isu di internet, bermain game dan lain-lain. Seperti Saya bilang tadi kalau dibiarkan akan terus-menerus menumpuk dan menciptakan hardisk cepat penuh yang mengakibatkan komputer sahabat lemot.

Sebenarnya disistem operasi Windows sudah ada aplikasi bawaan untuk membersihkan sampah, jadi sahabat tidak perlu memasang aplikasi pihak ketiga kalaupun tidak memuaskan aplikasi bawaan Windows sebab komputer tetap saja lemot, sahabat sanggup menggunakan cara manual.

Cara Membersihkan File Sampah Dengan Aplikasi Disk Cleanup

Disk Cleanup yakni aplikasi bawaan Windows untuk membersihkan sampah, berikut ini langkah-langkah membersihkan sampah dengan aplikasi Disk Cleanup :

Tekan tombol Search yang berada di taksbar kemudian ketikan Disk Cleanup pada kolom pencarian kemudian tekan enter.

Maka akan muncul jendela Disk Cleanup, untuk membersihkan file sampah sahabat harus menentukan partisi mana yang ingin dibersihkan. Misalnya ingin membersihkan file sampah yang terdapat di localdisk C, maka pilih (C:), kalau ingin membersihkan file sampah localdisk D, maka pilih (D:) kemudian klik OK.


Maka akan muncul jendela gres untuk menentukan file sampah mana yang harus dihapus dengan mencentang file tersebut, kalau sudah klik OK.


Maka akan muncul jendela peringatan, klik saja Delete Files dan proses pencucian akan berjalan.


Selamat kini komputer sahabat telah terbebas dari file sampah, lakukan cara ini minimal seminggu sekali atau saat sahabat sudah melihat ruang hardisk semakin penuh.

Membersihkan File Sampah Dengan Cara Manual

Jika sahabat merasa aplikasi Disk Cleanup kurang memuaskan dalam membersihkan file sampah maka sahabat sanggup menggunakan cara manual, damai saja walaupun manual sahabat tidak akan galau dengan cara ini, sebab cara manual ini sangat gampang untuk dilakukan. Berikut ini langkah-langkahnya :

Tekan tombol kombinasi Windows+R untuk membuka jendela Run, ketikan %temp% di kolom yang tersedia kemudian tekan enter.


Maka akan muncul jendela File Explorer yang berisi file temporay, disini sahabat akan menghapus file tersebut dengan cara tekan tombol kombinasi Ctrl+A kemudian tekan tombol Delete.


Tekan lagi tombol kombinasi Windows+R, sehabis jendela Run muncul ketikan temp pada kolom yang tersedia kemudian tekan enter.

Maka akan muncul jendela peringatan, klik saja Continue.

Hapus semua file yang ada di berkas tersebut.

Terakhir tekan lagi tombol kombinasi Windows+R kemudian ketikan prefetch, kemudian tekan enter, kemudian sahabat hapus semua file tersebut.

Praktis buka untuk sahabat lakukan, kalau ada yang masih galau atau kurang paham jangan aib untuk bertanya di kolom komentar. Demikian artikel Cara Menghapus File Sampah Di Windows dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Membersihkan File Sampah Di Windows Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel