Tag-Tag Yang Tidak Disarankan Lagi Untuk Dipakai (Deprecated) Pada Html5

Pada artikel kali ini kita akan membahas perihal Tag-tag Yang Tidak Disarankan Lagi Untuk Digunakan (Deprecated) Pada HTML5.

Pengertian Tag Deprecated Pada HTML

Ada beberapa tag HTML yang sudah berstatus deprecated yang artinya tidak disarankan lagi untuk digunakan, tag yang sudah berstatus deprecated umumnya dipakai mengatur tampilan website sebelum CSS hadir.

Setelah CSS hadir, maka disarankan untuk memisahkan bab struktur website dengan tampilan website. Hal-hal yang bekerjasama dengan tampilan website sebaiknya memakai CSS dan tidak dilakukan lagi dari tag HTML. Tentu hal ini akan memudahkan kita untuk menciptakan halaman website dan bila suatu ketika kita ingin merubah tampilan website, maka kita hanya tinggal mengubah instruksi CSS-nya saja.

Hadirnya HTML5, menciptakan tag-tag yang tidak sesuai dengan spesifikasi HTML5 menyandang status deprecated. Namun ada beberapa tag pada kurun XHTML, yang sebelumnya berstatus deprecated digunakan lagi pada HTML5, menyerupai tag <i> dan <b>.

Walaupun yang kita bahas pada artikel ini perihal tag-tag yang sudah berstatus deprecated pada HTML5, namun web browser sampai ketika ini masih mendukungnya dengan alasan kompatibilitas dengan website lama. Walaupun begitu kita tidak disarankan untuk memakai tag yang sudah berstatus deprecated dan mungkin saja kedepannya web browser tidak akan mendukung tag berstatus deprecated.

Berikut ini ialah daftar tag yang sudah berstatus deprecated pada HTML 5 :
  • Tag <acronym> : untuk menciptakan singkatan, tag ini sudah digantikan dengan tag <abbr>.
  • Tag <applet> : untuk memasukkan kode Java Applet.
  • Tag <basefont> : untuk menciptakan pengaturan karakter default pada halaman website.
  • Tag <big> : untuk menciptakan karakter menjadi lebih besar dari karakter yang berada disekitarnya.
  • Tag <center> : untuk menciptakan karakter rata tengah.
  • Tag <dir> : untuk menciptakan directory list, tag ini sudah digantikan dengan tag <ul>.
  • Tag <font> : untuk mengatur jenis huruf, warna karakter dan ukuran huruf.
  • Tag <isindex> : untuk membuat search box.
  • Tag <menu> : untuk menciptakan menu list.
  • Tag <strike> untuk menciptakan karakter dengan garis tercoret, tag ini sudah digantikan dengan tag <s> dan <del>.
  • Tag <tt> : untuk menciptakan karakter dengan tampilan teletype dan ditampilkan dengan jenis karakter monospace, tag ini sudah digantikan dengan tag <code>.
  • Tag <blink> : untuk menciptakan karakter berkedip-kedip, penggunaan tag ini akan mengganggu pengunjung sehingga tidak didukung oleh web browser ketika ini.
  • Tag <marquee> : untuk menciptakan karakter berjalan atau bergerak.
<!DOCTYPE html> <html> <head>     <meta charset="UTF-8" />     <title>Belajar HTML5</title> </head> <body>     <p>         <acronym title="Tag-tag Yang Tidak Disarankan Lagi Untuk Digunakan (Deprecated) Pada HTML5">HTML</acronym> merupakan bahasa markup untuk menciptakan halaman website. Jika Anda ingin menciptakan website, maka hal yang pertama yang harus Anda pelajari ialah <strike>CSS</strike> HTML.     </p>          <p>         <big>Refrensi</big> yang Saya gunakan pada artikel kali ini ialah dari <font color="blue" face="Verdana" size="5px">duniailkom.com</font>.     </p>          <p>         Beberapa tag pada halaman ini sudah berstatus <tt>deprecated</tt>, menyerupai <blink>tag blink</blink> yang sudah tidak didukung lagi oleh web browser, namun untuk tag center, marquee dan beberapa tag lain masih didukung oleh web browser, menyerupai berikut ini :     </p>          <center>Menggunakan tag center</center>          <marquee>Menggunakan tag marquee</marquee> </body> </html>

0 Response to "Tag-Tag Yang Tidak Disarankan Lagi Untuk Dipakai (Deprecated) Pada Html5"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel