Aplikasi Pkg Guru Format Excel Gampang Dan Simpel


Bapak/Ibu guru dikala ini sudah masuk masa Penilaian Kinerja Guru (PKG) Formatif yang biasanya dilaksankan mulai bulan Oktober hingga Desember untuk mentukan hasil Penilaian Kinerja Guru yang sanggup dijadikan sebagai salah satu dasar penetapan Angka Kredit guru.

Sebelum saya sharrekan lin donwload Aplikasi PKG format excel. Sebelum ingin saya ingatkan perihal hakekat PKG. Masih ingatkah perihal PKG ? Untuk sekedar mengingat kembali berikut ini klarifikasi tetang hakekat PKG.


Menurut  Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  Nomor 16 Tahun 2019, PK GURU   adalah  evaluasi dari tiap butir acara kiprah utama guru dalam rangka pelatihan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Pelaksanaan kiprah utama guru tidak sanggup dipisahkan dari  kemampuan  seorang guru dalam  penguasaan pengetahuan,  penerapan pengetahuan dan keterampilan,  sebagai kompetensi   yang dibutuhkan sesuai amanat Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 perihal Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.  Penguasaan kompetensi dan penerapan pengetahuan   serta kete rampilan   guru , sangat memilih tercapainya kualitas proses pembelajaran   atau pembimbingan  penerima didik ,  dan  pelaksanaan tugas  tambahan  yang relevan bagi sekolah/madrasah,  khususnya bagi guru dengan tugas  tambahan  tersebut .  Sistem  PK GURU   yakni sistem evaluasi yang dirancang untuk mengidenti fikasi  kemampuan guru dalam melakukan tugasnya melalui pengukuran penguasaan kompetensi yang ditunjukkan dalam  unjuk kerjanya .  

Secara umum,  PK GURU  mempunyai 2 fungsi utama  sebagai berikut. 
1.   Untuk me nilai kemampuan  guru dalam  menerapkan semua kompetensi  dan keterampilan yang diperlukan   pada   proses pembelajaran ,  pembimbingan, atau  pelaksanaan kiprah tambahan  yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Dengan demikian,  profil kinerja  guru   sebagai gambaran   kekuatan dan kelemahan guru   akan teridentifikasi   dan  dimaknai sebagai analisis kebutuhan atau audit keterampilan untuk setiap guru ,   yang sanggup dipergunakan sebagai basis untuk merencanakan PKB . 
2.   Untuk menghitung angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja  pembelajaran ,  pembimbingan, atau   pelaksanaan tugas   tambahan  yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah   yang dilakukannya pada tahun tersebut. Kegiatan evaluasi kinerja  dilakukan setiap tahun sebagai  bagian   dari  proses pengembangan karir  dan promosi  guru untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsionalnya. 

Hasil PK GURU   diharapkan  dapat  bermanfaat untuk  memilih berbagai  kebijakan yang terkait dengan peningkatan mutu  dan  kinerja guru sebagai ujung tombak pelaksanaan proses pendidikan  dalam  men ciptakan   manusia yang cerdas ,  komprehensif ,  dan berdaya saing tinggi.  PK GURU   merupakan pola bagi sekolah/madrasah untuk memutuskan pengembangan karir dan promosi guru.  Bagi guru,  PK GURU   merupakan pedoman untuk mengetahui unsur - unsur kinerja yang  dinilai  dan  merupakan  sarana untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan  ind ividu  dalam rangka memperbaiki kualitas kinerjanya.  

PK GURU   dilakukan terhadap kompetensi   guru   sesuai dengan tugas   pembelajaran ,  pembimbingan, atau   tu gas  tambahan  yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Khusus untuk acara pembelajaran atau pembimbingan ,  kompetensi yang dijadikan dasar untuk penila ian kinerja guru adalah   kompetensi   pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian,  sebagaimana ditetapkan  dalam  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional   Nomor 16 Tahun 2007. Keempat kompetensi ini telah  dijabarkan menjadi kompetensi guru   yang harus sanggup ditunjukkan   dan  diamati dalam banyak sekali kegiatan,  tindakan   dan sikap  guru   dalam melakukan pembelajaran   atau pembimbingan. Sementara  itu,  untuk kiprah tambahan  yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah, pen ilaian kinerjanya  dilakukan menurut kompetensi tertentu sesuai dengan kiprah tambahan  yang dibebankan  tersebut  (misalnya ;   sebagai kepala sekolah/madrasah, wakil kepala sekolah /madrasah ,  pengelola perpustakaan, d an  s ebagainya  s esuai dengan Per hukum M ent eri Neg ara Pendayagunaan Aparatur Negara  dan  Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2019)

Perangkat yang harus dipakai oleh peni lai untuk melaksanakan  PK GURU   biar di peroleh hasil evaluasi yang ob y ektif, akurat, tepat, valid, dan sanggup dipertanggung-jawabkan  adalah: 
1.   Pedoman PK GURU. Pedoman PK GURU   mengatur perihal tata cara evaluasi dan norma- norma yang harus ditaati oleh penilai, guru yang dinilai, serta unsur lain yang terlibat dalam proses penilaian. 
2.   Instrumen evaluasi kinerja. Instrumen evaluasi kinerja yang relevan dengan kiprah guru, terdiri dari:  
a.   Instrumen-1:   Pelaksanaan Pembelajaran  untuk guru kelas/mata pelajaran;  
b.   Instrumen-2:   Pelaksanaan Pembimbingan   untuk guru Bumbingan dan Konseling/Konselor ; dan  
c.   Instrumen-3:   Pelaksanaan Tugas  Tambahan  yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.  Instrumen-3 terdiri dari beberapa instrumen terpisah sesuai dengan kiprah embel-embel yang diemban guru. 



Pada kesempatan ini Admin  kembali menyebarkan Aplikasi Sederhana untuk pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PKG). Mungkin Aplikasi PKG Guru ini tidak jauh berbeda dengan Aplikasi PKG Guru lainnya, tetapi Aplikasi PK Guru ini mempunyai kelebihan: 1) gampang dipakai 2) hasil print out bisa pribadi dipakai untuk melangkapi berkas kenaikan pangkat (Usulan DUPAK); 3) Softcopy bisa pribadi diserahkan kepada MKPS untuk input data PKG di Dapodik.

Aplikasi PKG format excel




Terima kasih, mudah-mudahan bermanfaat. Sebagai embel-embel pelaksanaan PKG Formatif sebaik dilaksanakan pada pada setiap bulan Oktober – Nopember.

=================================





= Baca Juga =



0 Response to "Aplikasi Pkg Guru Format Excel Gampang Dan Simpel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel