Belajar Html Bab 8 : Cara Menciptakan Heading Di Html

Tag Heading merupakan tag khusus yang disediakan oleh HTML untuk menciptakan sebuah judul dalam sebuah halaman web. Tag Heading secara default ditampilkan oleh browser dengan ukuran yang lebih besar dan lebih tebal dari teks biasa.

Tag Heading dalam HTML terdiri dari 6 tingkatan bedasarkan ukuran dan tebal hurufnya. Tag Heading tersebut yaitu <h1>, <h2>, <h3>, <h4>, <h5>, <h6>. Tag Heading <h1> mempunyai ukuran abjad yang paling besar diantara Tag Heading lainnya, sedangkan <h6> mempunyai ukuran abjad paling kecil diantara Tag Heading lainnya.

Tag Heading <h1> biasa dipakai untuk menciptakan judul utama, diikuti oleh <h2> untuk judul, sedangkan subjudul <h3> dan seterusnya.

Berikut ini yaitu referensi untuk penggunaan Tag Heading di dalam HTML :

<!DOCTYPE html> <html> <head>  <title>Belajar HTML</title> </head> <body>  <h1>Heading tingkatan 1</h1>  <h2>Heading tingkatan 2</h1>  <h3>Heading tingkatan 3</h1>  <h4>Heading tingkatan 4</h4>  <h5>Heading tingkatan 5</h5>  <h6>Heading tingkatan 6</h6> </body> </html>

Jika teman jalankan file HTML di browser, maka akhirnya akan menyerupai ini :


Berikut ini yaitu referensi penggunaan Tag Heading untuk menciptakan judul utama, judul dan subjudul :

<!DOCTYPE html> <html> <head>  <title>Belajar HTML</title> </head> <body>  <h1>Judul Utama Artikel</h1>  <p>...Pembahasan Artikel...</p>  <h2>Judul Artikel 1</h2>  <p>...Pembahasan Artikel 1...</p>  <h2>Judul Artikel 2</h2>  <p>...Pembahasan Artikel 2...</p>  <h3>Sub Judul Artikel 1</h3>  <p>...Pembahasan Sub Artikel 1...</p> </body> </html>

Jika teman jalankan file HTML di browser, maka akhirnya akan menyerupai ini.


Perlu diperhatikan, untuk menciptakan goresan pena berukuran besar jangan memakai Tag Heading sebab intinya Tag Heading hanya untuk menciptakan judul dan subjudul. Kalau ingin menciptakan goresan pena yang berukuran besar maka teman sanggup memakai CSS, tapi Saya tidak akan menjelaskan di Tutorial HTML ini, nanti akan Saya buatkan di Tutorial CSS.

Gunakanlah Tag Heading dalam menciptakan halaman web, sebab Tag Heading sangat berperan penting dalam meningkatkan nilai web teman di mata search engine. Tag <h1> dianggap lebih bernilai dari pada <h2>, kenapa Tag <h1> umumnya dipakai untuk judul sebuah artikel, sehingga sanggup dianggap mewakili keseluruhan artikel.

Pada artikel selanjutnya teman akan mempelajari Cara Membuat Daftar di HTML.

0 Response to "Belajar Html Bab 8 : Cara Menciptakan Heading Di Html"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel