Cara Menciptakan Struktur Tabel Html(Tag Thead, Tbody Dan Tfoot)

Untuk tabel HTML yang sangat kompleks, HTML menyediakan tag yang sanggup dipakai untuk memisahkan bagian-bagian dari tabel, contohnya untuk judul, isi dan epilog tabel atau biasa disebut dengan struktur tabel. Pada artikel kali ini kita akan membahas Cara Membuat Struktur Tabel dengan Menggunakan Tag <thead>, <tbody> dan <tfoot>.

Penggunaan dan Penulisan Tag <thead>, <body>, dan <tfoot>

Membuat tabel HTML sanggup dibentuk dengan memakai 3 tag saja, adalah tag <table>, <tr> dan <td>. Namun untuk tabel yang sangat kompleks, kita perlu memakai tag <thead>, <tbody> dan <tfoot> untuk menciptakan struktur dari tabel.

Tag <thead>

Tag <thead> merupakan abreviasi dari table header yang dipakai untuk mengelompokkan data tabel yang terletak di bab atas (kepala) sebuah tabel adalah judul tabel.

Tag <tbody>

Tag <tbody> merupakan abreviasi dari table body yang digunakan untuk mengelompokkan data tabel yang terletak di bab tengah (tubuh) sebuah tabel adalah isi data tabel. Jika di dalam tabel tidak ada tag <thead> dan <tfoot> maka tag <tbody> tidak harus dipakai dalam tabel HTML.

Tag <tfoot>

Tag <tfoot> dipakai untuk mengelompokkan data tabel yang berada dibagian bawah (kaki) sebuah tabel adalah epilog tabel.

Berikut ini penulisan tag <thead>, <tbody> dan <tfoot> dalam tabel HTML :

<!DOCTYPE html> <html> <head>     <title>Belajar HTML</title> </head> <body> <table border="1">     <thead>         <tr>             <th>Barang</th>             <th>Harga</th>         </tr>     </thead>     <tfoot>         <tr>             <td>Total Harga</td>             <td>Rp 90.000</td>         </tr>     </tfoot>     <tbody>         <tr>             <td>Kaos kaki</td>             <td>Rp 10.000</td>         </tr>         <tr>             <td>Tas</td>             <td>Rp 50.000</td>         </tr>         <tr>             <td>Sepatu</td>             <td>Rp 30.000</td>         </tr>     </tbody> </table> </body> </html>

 HTML menyediakan tag yang sanggup dipakai untuk memisahkan bab Cara Membuat Struktur Tabel HTML(Tag thead, tbody dan tfoot)

Karena ini hanya teladan sebagai materi pembelajaran, jadi Saya tidak menciptakan tabel HTML yang kompleks.

Coba anda perhatikan urutan penulisan tabel HTML diatas, terdapat tag <tfoot>...<tfoot> yang sempurna berada diatas tag pembuka <tbody>, namun jikalau ditampilkan di browser data yang ada di dalam tag <tfoot>...<tfoot> akan ditampilkan pada baris terakhir tabel.

Tag <thead>, <tbody> dan <tbody> mungkin akan sangat jarang digunakan, terutama untuk menciptakan tabel sederhana dengan jumlah baris kurang dari 10. Namun untuk tabel yang sangat kompleks, penggunaan tag <thead>, <tbody> dan <tbody> akan sangat membantu Anda dalam menciptakan struktur tabel atau mengatur tampilan tabel dengan arahan CSS.

Pada artikel selanjutnya kita akan mempelajari Cara Membuat Kolom Tabel HTML Menjadi Satu Grup.

0 Response to "Cara Menciptakan Struktur Tabel Html(Tag Thead, Tbody Dan Tfoot)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel