Kumpulan Materi Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega Lengkap

Apa sih Pramuka itu?

Sebelum kita membahas materi tentang Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega memang lebih baik mengetahui terlebih dahulu apa itu Pramuka. Gerakan Pramuka adalah suatu organisasi pendidikan non formal yang pelaksanaanya menggunakan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan (PDMK).
Saya kira masih banyak diantara kita yang sering atau masih keliru untuk membedakan dalam istilah penyebutan, misalnya Pramuka, Gerakan Pramuka dan Kepramukaan.

Secara singkatnya, perbedaan ketiga istilah tersebut adalah:
Gerakan Pramuka adalah nama organisasi
Kepramukaan adalah sebuah kegiatan
dan Pramuka adalah setiap warga negara Indonesia yang ikut serta dalam Kepramukaan dan dengan sadar untuk bergabung bersama Gerakan Pramuka.

Kumpulan Materi Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega Lengkap

Pramuka Siaga

Siaga adalah peserta didik yang berusia 7-10 tahun. Nama Siaga dikiaskan dari Perjuangan Boedi Oetomo yang mempunyai makna menyiagakan kemerdekaan NKRI.

Satuan terbesar Pramuka Siaga disebut Perindukan sedangkan satuan terkecil disebut Barung. Nama barung di ambil dari warna, misal barung merah,barung hijau, barung kuning, barung biru dan lain-lain. Kemudian untuk membuat ciri dari masing-masing barung diberikan badge berbentuk segitiga yang diletakkan di lengan baju sebelah kanan luar.

Setiap Barung terdiri dari 6-9 anak, dan setiap Perindukan maksimal sebanyak 4 barung atau 32 orang. Barung memanggil Kakak Pembina dengan sebutan Ayah dan Bunda atau Yanda & Bunda.

Siaga memiliki 2 kode kehormatan, yaitu: Dwi Satya dan Dwi Dharma.

Untuk materi lengkap tentang Siaga silahkan kunjungi situs ini: Materi Lengkap Pramuka Siaga
Disitu banyak dikupas materi tentang siaga.

Pramuka Penggalang

Materi lengkap pramuka penggalang

Penggalang merupakan peserta didik yang berusia 11-15 tahun. Nama Penggalang dikiaskan dari Perjuangan Para Bangsa Indonesia yang di tandai dengan adanya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Regu adalah satuan terkecil dalam Pramuka Penggalang, sedangkan satuan terbesarnya adalah Pasukan. Nama regu putera di ambil dari nama binatang, misalkan regu elang, regu kancil, regu harimau, regu singa dan lainya.

Pemimpin Regu biasa disingkat Pinru, dan wakil pemimpin regu biasa disingkat wapinru. Ketua dalam 1 Pasukan dinamakan Pratama.

Setiap regu terdapat 6-8 anggota, kemudian setiap Pasukan maksimal sebanyak 4 Regu dengan jumlah paling banyak 32 anggota Pramuka Penggalang. Untuk kode kehormatan Pramuka Penggalang yaitu: Tri Satya dan Dasha Dharma.

Untuk lebih jelas tentang Pramuka Penggalang anda dapat melihatnya lebih banyak di sini: Materi Lengkap Pramuka Penggalang


Pramuka Penegak

Penegak mempunyai usia antara 16-20 tahun. Dinamakan Penegak karena mengandung kiasan dengan perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu di tandai dengan Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Satuan terbesar Pramuka Penegak dinamakan Ambalan yang di pimpin oleh seorang yang disebut Pradana. Untuk satuan terkecil disebut Sangga. Dalam 1 sangga maksimal berjumlah 6-8 orang dan dipimpin oleh ketua yang disebut Pinsa (Pimpinan Sangga). Dalam 1 Ambalan maksimal berjumlah 4 sangga.

Nama-Nama Sangga Pramuka Penegak

Nama-Nama Sangga Pramuka Penegak

Nama sangga hanya ada 5, yaitu: Perintis, Pencoba, Pendobrak, Penegas dan Pelaksana.

Perintis dan Pencoba mempunyai arti kiasan terhadap perjuangan bangsa, yaitu merintis kemerdekaan yang ditandai dengan beridirinya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908.

Pencoba memiliki arti kiasan yaitu sebuah upaya atau keinginan mencoba mempersatukan pemuda Indonesia pada saat Kongres Pemuda II tepatnya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Penegas mempunyai makna kiasan yaitu Menegaskan tentang kemerdekaan Indonesia yang di tandai dengan Proklamasi Kemerdekaan oleh Bapak Ir. Soekarno.

Pelaksana memiliki kiasan pada masa kini, yaitu perintah untuk melaksanakan dan meneruskan perjuangan dengan mengisi kemerdekaan. Yakni segala hal yang positif dan bermanfaat bagi negara.


Pramuka Pandega

Pandega merupakan anggota Pramuka yang berusia 21-25. Usia ini lebih matang atau lebih tua di banding 3 golongan sebelumnya. Pandega mempunyai arti yaitu memandegani atau memimpin serta memberi contoh untuk pergerakan negara Indonesia.

Pandega mempunyai 2 kode kehormatan yaitu Tri Satya dan Dasa Dharma. Untuk Pandega aturan jumlah dan pelaksanaan hampir mirip dengan Penegak. 


Sitem Among

Dalam pendidikan Kepramukaan terdapat sistem among yang di prakarsai oleh Ki Hajar Dewantar, adapun sistem among disebutkan dibawah ini:
  • Ing Ngarso Sung Tulodo (di depan memberi contoh)
  • Ing Madyo Mangun Karso (di tengah membangun kehendak)
  • Tut Wuri Handayani (di belakang selalu memberi dukungan)
Ketiga sistem among tersebut haruslah sesuai penerapannya terhadap usia peserta didik. Untuk siaga harus menggunakan prinsip "Ing Ngarso Sung Tulodo" Untuk Penggalang "Ing Madyo Mangun Karso", sedangkan untuk Penegak dan Pandega  yaitu "Tut Wuri Handayani".

Among sendiri berasal dari bahasa jawa bisa disebut momong atau ngemong yang artinya mengasuh.

Demikian Kumpulan Materi Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega Lengkap. Untuk kedepan materi ini akan di update lagi, jika anda ingin materi pramuka lengkap silahkan kunjungi blog Pramukatop.com

0 Response to "Kumpulan Materi Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel